Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Puasa Senin Kamis, No.1 MANTAP

Lazloberita - Apa Manfaat Puasa Senin Kamis. Tiga kalimat ini sangat terkenal, sebab ini bagian dari ibadah mutlak bagi umat Muslim. Banyak yang mekualitas Puasa Senin-Kamis ini dianjurkan, sebab tidak hanya pahalanya yang besar, juga keutamaan puasa ini sendiri yang memberikan fungsi besar bagi yang menjalankannya.
Sebelum memasuki bahasan yang sebetulnya yuk kita ketahu lebih dulu:

10 Manfaat Puasa Senin Kamis, No.1 MANTAP

Niat & tata cara puasa Senin-Kamis.

1. Niat
Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Senin
NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA
Artinya :
Saya niat puasa hari Senin, sunnah sebab Allah ta’ala.
Dan untuk wacana niat puasa senin kamis untuk hari kamis, bacaannya ialah sebagai berikut:
Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Kamis
NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA
Artinya : Saya niat puasa hari Kamis, sunnah sebab Allah ta’ala.
2. Sahur
3. Menjalankan puasa dengan niat & tulus iklas
======

KEUTAMAAN PUASA

Ilustrasi puasa
Ilustrasi puasa (waroengsehat.com)
Keutamaan puasa senin kamis & fungsi yang diperoleh dari berpuasa senin kamis. Di antaranya ialah, Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan:
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh opsi berpuasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 & Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)
Usamah bin Zaid mengatakan:
“Aku mengatakan pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau tampak berpuasa hingga-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga tampak tidak puasa, hingga-sampai dikira engkau tidak sempat puasa. Kecuali dua hari yang engkau berjumpa dengannya & berpuasa saat itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin & Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut ialah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka saat amalanku dihadapkan sedang aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 & Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Beberapa amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin & Kamis, maka aku suka apabila amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu shahih dilihat dari jalur lainnya).
Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sempat ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab:
“Hari tersebut ialah hari aku dilahirkan, hari aku diutus ataupun diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)
“Pintu surga dibuka pada hari Senin & kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah tidak banyak pun bakal diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang mempunyai percekcokan (permusuhan) antara dia & saudaranya. Kelak bakal dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka hingga mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka hingga mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).
KEISTIMEWAAN
Al Hafidz al-‘Aini mengatakan:
”Hadis ini bercerita mengenai orang yang terbiasa meperbuat amal ketaatan lalu terkendalai (tidak bisa) mengamalkannya sebab udzur, sementara niatnya ingin masih merutinkan amal tersebut seandainya tidak ada penghalang.” (Umdatul Qori, 14/247)
Dan itulah keistimewaan orang yang beriman. Pahala rutinitas amal bagusnya diabadikan oleh Allah. Al Muhallab mengatakan,
“Hadis ini sesuai dengan apa yang ada dalam Al-Qur’an, Allah berfirman:
”Kecuali orang-orang yang beriman & beramal shaleh mereka memperoleh pahala yang tidak sempat terputus.” (QS. At Tin:6)

MANFAAT PUASA SENIN KAMIS

PUASA senin kamis bisa memaksimalkan serta menyeimbangkan antara tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), & kecerdasan spiritual (SQ). Itulah fungsi besarnya. Setidak ada 10 fungsi berdasarkan kutipan dari manfaat.co.id. Bahwa fungsi puasa senin kamis terbukti sangat banyak & menolong kehidupan manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

1. Menjaga Kesehatan & Kadar Lemak Dalam Tubuh

Meski dianggap nustri, Lemak terbukti salah satu nutrisi yang diperlukan badan Anda. tetapi, apabila Kita mempunyai lemak dalam badan yang terlalu banyak pasti hanya bakal membuat penyakit datang. Sebab itu, kelebihan lemak dalam badan Kita haruslah dihilangkan. Puasa Senin Kamis sangat bagus, sebab dengan cara tidak langsung membiasakan si empu hidup teratus

2. Cantik Alamiah Bagi Kaum Wanita

Puasa senin kamis, sel-sel badan bakal mengalami reorganisasi ataupun penggantian dengan cara teratur. Hal tersebut yang menyebabkan sel-sel dalam badan Kita rutin mengalami peremajaan. Dengan begitu, organ dalam maupun luar badan Kita bakal menjadi lebih sehat & segar. Umpama, pada organ kulit yang mengalami peremajaan sel-sel kulit bakal menjadikan kulit wajah lebih bersih, segar, & tampak cantik. Bagi Kita para wanita yang mengharapkan tampak rutin tampil cantik & tahan lama muda, tidak ada salahnya mencoba meperbuatpuasa senin kamis.

3. Bikin Jiwa Lebih Tenang

Orang yang sudah terbiasa meperbuat puasa senin kamis biasanya bisa lebih mengontrol pikiran & perasaannya. Sebagai contoh, dengan puasa senin kamis orang bisa lebih bersabar, mengontrol hawa nafsu, & pikiran-pikiran kotor ataupun negatif. Dengan terkontrolnya pikiran, bakal menyebabkan ketenangan jiwa. Bagi Kita yang selama ini rutin dihantui rasa takut, stres, depresi, ataupun mengarah pada gangguan kejiwaan. Cobalah mempraktikkan puasa senin kamis supaya pikiran & jiwa Kita lebih tenang & terkontrol.

4. Sanggup mengendalikan hawa nafsu

Orang yang sering meperbuat puasa senin kamis lebih sanggup & mahir mengendalikan hawa nafsu yang rutin bergejolak dalam hati & pikirannya. Contoh yang logis ialah seorang pemuda ataupun pemudi yang rutin merasa kesepian & rutin terbayang berhubungan dengan lawan jenisnya. Setiap manusia normal pasti berharap contohnya itu. Tetapi, hawa nafsu contohnya tersebut haruslah rutin dikontrol supaya tidak memunculkan efek negatif pada diri yang bersangkutan. Salah satu cara yang paling manjur untuk mengendalikan hawa nafsu ialah meperbuat puasa senin kamis.

5. Lebih peka terhadap lingkungan kurang lebih

Saat Kita meperbuat puasa senin kamis, pasti bakal merasakan lapar & haus yang sangat. Rasa contohnya itulah yang dirasakan oleh banyak orang miskin & tidak mampu. Mereka untuk mengisi perut supaya masih bisa hidup hingga mengemis ataupun memungut makanan sisa dari tumpukan sampah. Tetapi, Kita pasti lebih beruntung sebab tidak mengalaminya. Oleh sebab itu, orang yang biasa berpuasa senin kamis lebih peka terhadap kondisi lingkungan kurang lebih. Rasa ini menjadi lebih besar saat orang yang berpuasa tersebut mengalami rasa lapar & haus, contohnya yang dirasakan orang-orang miskin.

6. Peremajaan sel kulit

Sel-sel kulit manusia yang telah mati butuh diganti ataupun dengan kata lain diremajakan kembali. Kita tidak butuh bantuan produk ataupun obat tertentu yang haruslah dikonsumsi. Kita hanya butuh meperbuat puasa senin kamis dengan cara rutin. Hal tersebut disebab, berhubungan dengan metabolisme dalam badan manusia yang berhenti saat berpuasa, & tersebut menyebabkan sel-sel badan bisa bekerja lebih aktif lagi, contohnya halnya sel-sel kulit.

7. Mengencangkan kulit

Mungkin Kita tidak percaya apa hubungannya antara puasa senin kamis dengan pengencangan kulit. Contohnya halnya peremajan kulit, saat Kita berpuasa sehari penuh metabolisme dalam badan juga ikut beristirahat jadi membuat sel-sel dalam badan bekerja lebih maksimal. Hasilnya, antara lain, organ badan luar, contohnya kulit bakal lebih sehat & kencang. Coba buktikanlah!

8. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Tanpa penelitian dari para ilmuwan, Kita pun bisa berpikir dengan cara logika, apabila puasa puasa senin kamis bisa meneluarkan toksin ataupun racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, ataupun bagian yang lain tersebut berasal dari makanan & minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengeluarkannya bukan hanya dengan berolah raga saja. Tetapi, Kita haruslah berhenti mengkonsumsi makanan & minuman minimal selama sehari, supaya racun bisa dikeluarkan dengan manjur. Pengeluarannya bisa lewat keringat, urine, ataupun saat Kita buang air besar. Cara puasa senin kamis terbukti dipercaya ampuh untuk mengelurkan racun yang sudah mengendap dalam tubuh. Apabila racun-racun tersebut sudah keluar, maka Kita bakal merasakan badan Kita lebih sehat & bugar.

9. Memberikan istirahat untuk organ pencernaan

Organ perncernaan dalam badan yang Kita miliki diibaratkan contohnya mesin, sebut saja mesin kendaraan bermotor. Tidak mungkin suatu mesin bisa dihidupkan & dijalankan semakin menerus sebab hanya bakal merusak salah satu ataupun lebih onderdil ataupun sparepart bagian dari mesin tersebut. Oleh sebab itu, mesin kendaraan bermotor juga membutuhkan istirahat supaya tidak cepat rusak komponen di dalamnya. Tidak hanya itu, juga membutuhkan perawatan yang rutin.
Contohnya juga organ pencernaan dalam badan Kita yang membutuhkan istirahat untuk tidak bekerja minimal sehari hingga dua hari dalam seminggu. Hal tersebut berguna untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, mengeluarkan racun-racun dalam organ pencernaan, serta sebagai perawatan rutin supaya tidak cepat rusak untuk organ pencernaan Anda. Satu-satunya cara manjur yang bisa Kita perbuat untuk mengistirahatkan organ perncernaan ialah puasa senin kamis.

10. Lebih banyak beramal

Orang yang terbiasa puasa senin kamis bakal lebih menambah amalan ibadahnya dengan banyak beramal. Umpama, memberikan bantuan terhadap fakir miskin, orang yang tidak mampu, ataupun terhadap anak-anak yatim. Orang tersebut yakin dengan banyaknya amalan tambahan pendamping puasa senin kamis yang dijalankannya, maka bakal memperoleh banyak pahala yang berlipat. Itulah efek positif dengan cara tidak langsung yang bisa diraih setiap orang yang puasa Senin-Kamis.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Puasa Senin Kamis, No.1 MANTAP"