Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100 Tanda Tanda Kiamat Atau Hari Akhir LENGKAP

100 Tanda Tanda Kiamat Atau Hari Akhir LENGKAP
Lazloberita - Selama beribu-ribu tahun lamanya manusia telah hidup di dunia zaman telah berlalu & mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan hidup manusia (baca perkembangan islam abad pertengahan) . Islam sendiri meyakini bahwa manusia sekarang tengah hidup di akhir zaman & hari kiamat ataupun hari akhir dibangkitkannya manusia bakal segera tiba.

Meskipun tidak ada yang mengenal kapan hari kiamat tersebut bakal datang kecuali Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Setiap umat Islam pastinya haruslah mengimani hari akhir ataupun hari kiamat tersebut sebab pada hari tersebut manusia yang sudah mati bakal dibangkitkan kembali & dihisab amal lakukanannya(baca manfaat iman terhadap Allah SWT). Hari kiamat ataupun yang dikenal dengan hari akhir zaman ataupun yaumul akhir ialah hari dimana umat manusia bakal dibangkitkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala & ditimbang amal lakukanannya.

Tanda-tanda Akhir Zaman


Meskipun tidak ada seorangpun yang tahu kapan bakal datang hari kiamat ada beberapa hal yang menandai bahwa manusia sekarang tengah berada di akhir zaman ataupun yang dikenal dengan sebutan Asyrath as saah & kejadiant tersebut terjadi sekali maupun berulang-ulang. Berikut ialah tanda tanda akhir zaman :

Diutusnya Nabi Muhammad SAW
Rasulullah SAW ialah Rasul penutup yang menandakan bahwa kaum manusia sekarang ialah kaun yang hidup di akhir zaman.  Rasul bersabda (baca keutamaan cinta terhadap Rasulullah SAW bagi umatnya)

 ‘(Masa) diutusnya aku & (hari terjadinya) Kiamat contohnya dua (jari) ini’.”(Anas Radhiyallahu ‘Anhu) mengatakan, “Dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merapatkan jari telunjuk dengan jari tengahnya.” (HR. Muslim).

Wafatnya Nabi Muhammad SAW
Dalam sebuah hadits Rasul bersabda

‘Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat  & beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyatakan diantaranya : ‘Kematianku’.” (HR. Al-Bukhari).

Penaklukan Baitul Maqdis
Penaklukan baitul maqdis ataupun yang dikenal dengan masjidil aqsa di Palestina ialah salah satu tanda akhir zaman terutama yang terjadi pada tahun ke 16 H sebagaimana yang disebutkan dalam hadits (baca sejarah kebudayaaan islam & peninggalan sejarah islam)

‘Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat  & beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyatakan diantaranya : ‘Penaklukan Baitul Maqdis’.” (HR. Al-Bukhari).

Mewabahnya Tha’un ‘Amwas
Rasul bersabda :

“Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat & beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyatakan diantaranya : ‘Kemudian banyaknya kematian yang menimpa kalian bagai penyakit (qu’ash1) kambing’.” (HR. Al-Bukhari).

Ibnu Hajar menganggap bahwa wabah penyakit tha’un ‘amwas sudah merebak saat masa  kekhalifahan ‘Umar bin Khatab ataupun pasca penaklukan baitul maqdis. Wabah tersebut terjadi pada tahun 18 H & menewaskan lebih dari 25000 jiwa.

Berlimpahnya Harta Hingga Tidak Ada Yang Menerima Sedekah
Disebutkan dalam hadits rasulullah tanda akhir zaman yang lain ialah berlimpahnya harta & susahnya menemukan orang untuk diberi sedekah. (baca keutamaan bersedekah)

“Tidak bakal terjadi hari Kiamat hingga harta benda banyak pada kalian, lalu membeludak ruah, hingga-sampai menyusahkan pemilik harta (mencari) orang yang menerima sedekah darinya, & seorang dipanggil (untuk) menghadapnya, lalu dirinya mengatakan, ‘Aku tidak mempunyai kebutuhan terhadapnya’.” (HR. Al-Bukhari & Muslim).

Munculnya Beragam Fitnah
Fitnah yang dimaksud disini ialah cobaan ataupun ujian. Sebagaimana tanda ini disebutkan dalam sebuah hadits

“Sesungguhnya menjelang datangnya hari Kiamat (terjadi) banyak fitnah,bagaikan bagian malam yang gelap gulita. Seseorang yang di pagi hari dalam keadaan beriman, & di sore harinya menjadi kafir. (Ada) yang di sore harinya dalam keadaan beriman, & di pagi harinya menjadi kafir. Orang yang duduk di saat tersebut lebih bagus daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri di saat tersebut lebih bagus daripada orang yang berjalan, & orang yang berjalan saat tersebut lebih bagus daripada orang yang berlari. Maka patahkanlah busur-busur kalian, putuskanlah tali-tali busur kalian, & pukulkanlah pedang-pedang kalian ke batu. Apabila (rumah) salah seorang dari kalian dimasuki (fitnah), maka jadilah contohnya yang terbagus dari kedua anak Adam (Habil).” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, & al-Hakim)

Banyaknya Nabi Palsu
Bermunculannya nabi palsu ialah salah satu tanda akhir zama. Pada masa Rasulullah sendiri sesudah Rasul wafat ada beberapa orang yang mengaku sebagai nabi diantaranya yaitu Musailamah al kazzab, Thulaihah bin Khuwailid al-Asadi,serta di masa ini juga timbul nabi palsu contohnya Mirza ahmad al qadiyani yang berasal dari India.  Rasul bersabda

“Tidak bakal terjadi hari Kiamat hingga dibangkitkan ‘para dajjal (pendusta)’ yang (jumlahnya) mendekati tiga puluh, semuanya mengaku bahwa mereka ialah utusan Allah (Rasulullah).” (HR Bukhari)

Tersebarnya Stabilitas Keamanan
Tanda akhir zaman yang lainnya ialah rasa aman dalam diri manusia & keamanan yang terjamin disetiap negara. Rasul bersabda

‘Tidak bakal terjadi Kiamat hingga seseorang pengendara (kendaraan)berjalan di antara Irak & Mekkah tidak merasa takut kecuali (takut) tersesat di jalan’.” (HR Ahmad)

Fenomena Api Hijaz
Munculnya api Hijaz pada pertengahan abad ke 7 H yakni pada tahun 654 H ialah salah satu pertanda akhir zaman sesuai dengan sabda nabi Muhammad SAW

“Tidak bakal terjadi hari Kiamat hingga api keluar dari tanah Hijaz yang menerangi leher-leher unta di Bashra.”

Peperangan dengan Bangsa Turki
Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasululullah SAW bersabda:  “Tidak bakal terjadi hari Kiamat hingga kaum muslimin memerangi bangsa Turki, yaitu kaum yang wajah-wajahnya contohnya tameng yang dilapisi kulit, mereka menggunakan (pakaian) yang terbuat dari bulu, & berjalan (dengan sandal) yang terbuat dari bulu.” (HR Muslim) (baca juga perkembangan islam di Eropa)

Peperangan dengan Bangsa ‘Ajam
Sesungguhnya rasul bersabda bahwa :

“Tidak bakal terjadi hari Kiamat hingga kalian memerangi bangsa Khuz & bangsa Karman dari kalangan ‘Ajam, bermuka merah, berhidung-hidung pesek, bermata sipit, wajah-wajah mereka bagai tameng yang dilapisi kulit, & sandal-sandal mereka terbuat dari bulu.” (HR. Al-Bukhari)

Hilangnya Amanat
Salah satu tanda akhir zaman ialah hilangnya amanat pada sebuah kaum. Sesuai dengan hadits Rasulullah

‘Apabila amanat telah disia-siakan, maka tunggulah Kiamat.’ (Abu Hurairah ra) bertanya, ‘Wahai Rasulullah, gimana amanat tersebut disia-siakan?’ Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, ‘Apabila urusan diserahkan terhadap tidak hanya ahlinya, maka tunggulah Kiamat!’.” (HR. Al-Bukhari)

ads
Diangkatnya ilmu & fenomena Kebodohan
Wafatnya para ulama & mereka yang berilmu ialah salah satu tanda akhir zaman & kiamat sudah dekat. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut  (baca juga islam & ilmu pengetahuan)

 “Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu langsung dari para hamba, tapi mencabut ilmu dengan mewafatkan para ulama, jadi saat tidak tersisa lagi seorang alim, maka manusia bakal menjadi orang-orang bego sebagai pemimpin, lalu mereka ditanya, lalu mereka bakal memberikan fatwa tanpa ilmu, maka mereka seat lagi menyesatkan orang lain.” (HR. Al-Bukhari & Muslim)

Banyaknya Pasukan & Pendukung Kezhaliman
Makin maraknya orang & pendukung kezhaliman ialah salah satu tanda akhir zaman. Rasul bersabda

Dua kelompok manusia penghuni neraka yang belum sempat aku lihat, (yaitu) golongan orang-orang yang mengangkat cemeti contohnya buntut sapi, mereka memukuli manusia dengannya ”(HR Muslim)

Merebaknya Perzinaan
Persoalan zina sekarang bukan lagi jadi rahasia besar & hal yang tabu terutama di negara barat. Hal ini ialah salah satu pertanda bahwa akhir zaman telah tiba sebagaimana yang disebutkan dalam hadits rasulullah SAW bersabda : (baca juga cara bertaubat dari zina & amalan penghapus dosa zina)

‘Sesungguhnya diantara tanda-tanda Kiamat ialah ………’ & beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyatakan diantaranya : ‘Merebaknya perzinaan’.”

Merajalelanya praktek riba
Riba ialah sebuah lakukanan mengambil keuntungan dari harta yang dipinjamkan & hal ini dilarang dalam islam. Merajalelanya praktek riba yang dilakukan oleh bank modern sekarang ialah salah satu tanda akhir zaman sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut (baca juga cara menghindari riba & hukum riba dalam islam)

Sungguh bakal datang sebuah zaman pada manusia, seseorang tidak peduli (lagi) dengan (status) kehalalan ataupun keharaman harta yang ia peroleh” (HR Bukhari)

Fenomena asumsi alat musik ialah halal
Tanda yang lain ialah musik yang terus merebak & orang menganggapnya halal. Sebagaimana disebutkan dalam hadits

“Kelak terjadi dari umatku beberapa kaum yang menghalalkan zina, sutra, khamer & alat-alat musik.sungguh ada beberapa kaum yang bakal singgah di sebuah pegunungan yang tinggi, pada sore harinya (seorang pengembala) menjambangi mereka dengan mengangkat fauna ternaknya,  mereka didatangi –oleh pengembala fakir itu- untuk sebuah kebutuhan, lalu mereka mengatakan: ‘Kembalilah terhadap kami besok.’ Maka di malam harinya Allah (membinasakan) mereka & hancurlah gunung tersebut, & mengubah sebagian mereka menjadi kera & babi hingga hari kiamat.”

Maraknya peredaran Minuman Keras ataupun khamer
Minuman keras ataupun minuman beralkohol haram hukumnya & salah satu tanda akhir zaman ialah merebaknya khamer ataupun minuman keras tersebut. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut (baca juga minuman haram menurut islam)

‘Diantara tanda-tanda Kiamat ialah ………..dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyatakan diantaranya : ‘(Maraknya) minuman khamer ’.” (HR Muslim)

Berlomba-lomba Menghiasi Masjid
Sebagaimana yang diriwayatkan oleh  Ibnu Abbas RA bahwa Rasul bersabda :

“Sungguh kamu bakal menghiasinya (masjid-masjidmu) sebagaimana bangsa Yahudi & Nashrani menghias (tempat-tempat ibadah mereka).” (HR. Al-Bukhari)

Berlomba-lomba Meninggikan Bangunan
Saat ini setiap negara & wilayah berlomba-limba mendirikan gedung yang tinggi & hal ini  ialah salah satu tanda akhir zaman. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits

“Dan bahwa engkau (akan) menyaksikan orang yang bertelanjang kaki & badan, lagi miskin yang mengembala domba, berlomba-lomba meninggikan bangunan.” (HR Muslim)

Budak Wanita Melahirkan Tuannya
Tanda selanjutnya ialah adanya seorang wanita yang melahirkan tuannya, maksudnya ialah sang bunda nantinya bakal melayani anak yang ia lahirkan contohnya tuannya. Contohnya yang disebutkan dalam hadits

 “Aku beritakan kepadamu mengenai tanda-tandanya, (yaitu) apabila seorang budak wanita melahirkan tuannya.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Maraknya Pembunuhan
Banyaknya permasalahan pembunuhan keji yang terjadi sekarang ialah salah satu pertanda akhir zaman yang disebutkan dalam hadits berikut

“Tidak bakal datang hari Kiamat hingga banyak al-harj.” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah al-harj itu?” Beliau menjawab, “Pembunuhan, pembunuhan.” (HR. Muslim).

Zaman Terus Singkat
Terus cepatnya waktu berlalu ialah salah satu pertanda bahwa kiamat sudah terus dekat/  Dari Abu Hurairah RA, “Rasulullah SAW bersabda :

“Tidak bakal terjadi hari Kimat hingga zaman terus singkat, maka jadilah setahun bagai sebulan, sebulan bagai sepekan, sepekan bagai hari jum’at contohnya sehari, sehari bagai sejam, & sejam bagai contohnya terbakarnya pelepah pohon kurma (cepat sekali, pent.).” (HR Ahmad, at-Tirmidzi, & Al-Albani meshahihkannya).

Pasar Terus berdekatan
Terus merebaknya pasar ataupun tempat berjual beli ialah salah satu tanda akhir zaman. Rasul bersabda

 “Tidak bakal terjadi hari Kiamat hingga timbul beberapa fitnah, banyaknya kebohongan & berdekatannya pasar.” (HR. Ahmad)

Fenomena Kemusyrikan
Sesungguhnya rasul bersabda & menyatakan bahwa salah satu pertanda akhir zaman ialah banyaknya fenomena kemusyrikan ataupun orang yang menyekutukan Allah SWT sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut (baca syirik dalam islam)

 “Apabila pada umatku pedang telah diletakkan, maka ia tidak bakal sempat diangkat darinya hingga hari Kiamat, & tidak bakal terjadi hari Kiamat hingga beberapa kabilah dari umatku mengikuti kaum musyrikin, & beberapa kabilah dari umatku menyembah berhala.”

Sponsors Link

Menjamurnya Lakukanan & Ucapan Keji ataupun Fasha, Putusnya Silaturahmi, & Kurang baiknya Hubungan antar tetangga
Tanda akhir zaman yang lainnya ialah orang terus mudah berbuat & mengatakan keji, terus mudahnya memutus silaturahmi & hubungan antar tetangga yang kurang baik, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut

 “Tidak bakal terjadi hari Kiamat hingga timbul (banyak) lakukanan & perkataan keji, pemutusan silaturahmi, & jeleknya hubungan bertetangga.”

Orangtua Bergaya Anak Muda
Tanda akhir zaman ini banyak anda temui saat ini, para orangtua yang berpakaian & bertingkah laku contohnya anak muda. Hal ini disebutkan dalam hadits berikut

 ‘Akan ada di akhir zaman satu kaum yang menyemir rambut mereka dengan warna hitam bagai dada burung merpati, mereka tidak bakal sempat mencium harumnya surga’.” (HR. Ahmad).

Maraknya kekikiran
Terus banyak orang kikir & merebaknya kebakhilan ialah salah satu tanda akhir zaman yang disebutkan dalam hadits berikut

 “Zaman terus berdekatan, amal berkekurangan & kekikiran dilemparkan (ke dalam hati).” (HR. Al-Bukhari)

Maraknya Perdagangan
Perdagangan yang banyak dipraktekkan sekarang ialah salah satu tanda akhir zaman yang disebutkan oleh rasulullah SAW

 “Menjelang datangnya hari Kiamat, salam hanya diucapkan terhadap orang-orang tertentu, & merebaknya perdagangan hingga seorang wanita turut serta (bersama) suaminya dalam berdagang.”

Banyaknya Momen Gempa Bumi
Bumi yang didiami oleh manusia terus tua & pergeseran lempeng benua yang menua membuat gempa terus sering terjadi. Hal ini ialah salah satu tanda akhir zaman. Rasulullah SAW bersabda

 “Tidak bakal terjadi hari Kiamat hingga terjadi banyak momen gempa bumi.” (HR. Al-Bukhari)

Banyaknya Orang-Orang yang Ditenggelamkan ke Dalam Bumi, Diubah Raut Wajahnya & Dilempar Batu
Tanda terbaru yang menjadi pertanda datangnya kiamat terus dekat, disebutkan dalam hadits berikut ini

 “Akan ada pada akhir umatku (orang-orang) yang ditenggelamkan ke dalam bumi, dirubah rawut wajahnya, & dilempari (batu).” Aisyah Radhiyallahu ‘Anha mengatakan: ‘Aku bertanya, (Wahai Rasulullah, apakah kami bakal dibinasakan sementara tetap ada orang-orang soleh ditengah-tengah kami?. Beliau menjawab, “Benar, saat kemaksiatan telah merajalela.”

Baca juga: ciri ciri kiamat kubra dan sugra

Demikian tanda-tanda akhir zaman yang telah terjadi & berjalan hingga saat ini. Untuk itulah seorang umat muslim haruslah senantiasa waspada & menambah ibadahnya terhadap allah SWT sebab kiamat tentu bakal datang meskipun tanda-tanda kiamat besar belum nampak.

Posting Komentar untuk "100 Tanda Tanda Kiamat Atau Hari Akhir LENGKAP"